Abu Hanifah (80 H - 150 H - 699 - 767 M)
Abu Hanifah (80 H - 150 H - 699 - 767 M)
أبو حنيفة (٨٠ هـ - ١٥٠ هـ - ٦٩٩ - ٧٦٧ م).
هو النعمان بن ثابت بن زوطى - بضم الزاي وفتحها - ابن ماه، الفقيه المحدث صاحب المذهب. ولد بالكوفة في خلافة عبد الملك بن مروان (الخليفة الأموي) وتربى فيها وعاش بها أكثر حياته وتوفي ببغداد. كان ذكيًا فطنًا سريع البديهة قوي الحجة حسن الهيئة والمنطق كريمًا مواسيًا لإخوانه زاهدًا متعبدًا. ويعتبر أبو حنيفة من التابعين حيث لقي من الصحابة: أنس بن مالك، وعبدالله بن أبي أوفى، وسهل بن سعد الساعدي، وأبا الطفيل عامر بن وائلة - وروى عنهم الكثير.
كان أبو حنيفة يعمل بالتجارة بصدق وأمانة واستمر في ذلك أكثر حياته فاكتسب خبرة في العرف والعادة والمعاملات وطرق الناس في البيع والشراء والمداينات فكان في ذلك صاحب خبرة ومران. وقد أطلق عليه الخزاز نظرًا لتجارته في الخز.
تفقه أبو حنيفة على أستاذه الأول، حماد بن أبي سليمان، وقد لازمه ثماني عشرة سنة حتى قال حماد: أنزفتني يا أبا حنيفة، كناية عما أخذ منه من علوم. كان أبو حنيفة يعمل بكتاب الله أولًا فإن لم يجد فبالسنة فإن لم يجد في الكتاب ولا في السنة رجع إلى قول صحابي أو إجماع وإلا فالقياس أو الاستحسان أو العرف.
سلك أبو حنيفة في بحثه للفقه مسلكًا يتسم ببعد النظر والحيطة والبعد عن الزلل، فكان إذا ما بحث في الفقه جمع أصحابه واجتمع بهم وعرض عليهم المسألة فيبدي كل واحد منهم ما عنده من رأي فيها، فإذا اتفقوا أخذ به وإن اختلفوا تناقشوا ودعَّم كل واحد منهم رأيه بالدليل فإذا ما انتهى فيها معهم إلى رأي أمر بكتابة المسألة مدعَّمة بالأدلة.
وكان أبو حنيفة ينهى عن كتابة المسألة قبل تمحيصها. وعندما تولى رئاسة حلقة أستاذه حماد، اشترط على أصحابه وتلاميذه أن يجلس عشرة منهم في الحلقة مدة عام فوافقوا ووفوا بشرطه عليهم وبهذا قد ضمن تشكيل الحلقة على ما هي مع بقاء الضوابط الموضوعة لهذه الحلقة. وكان من بين الحلقة الفقهاء والقراء والمحدثون بجانب درايتهم بفقه الكتاب والسنة وأعراف الناس وعاداتهم. وقد تميزت حلقة أبي حنيفة بالتعمق في بحث المسائل الفقهية والمناظرة وكثرة الاستدلال وذكر العلل.
كتب أبو حنيفة كثيرًا في مسائل الفقه، إلا أن هذه الكتابات لم يصل إلينا منها شيء وقد ذكر المؤرخون أن لأبي حنيفة كتبًا كثيرة منها كتاب العلم والتعلم، وكتاب الرد على القدرية وكتاب الفقه الأكبر هذا بجانب أنه قد صح أن أبا حنيفة انفرد بإخراج ٢١٥ حديثًا سوى ما اشترك في إخراجه مع بقية الأئمة. كما أن له مسندًا روى فيه ١١٨ حديثًا كلها في باب الصلاة. وقد قام بجمع الأحاديث التي أخرجها أبو حنيفة أبو المؤيد محمد بن محمود الخوارزمي (ت ٦٦٥ هـ). فوقعت في ٨٠٠ صفحة كبيرة وقد طبع هذا المسند في مصر سنة ١٣٢٦ هـ.
ويرجح كثير من العلماء أن تلاميذ أبي حنيفة تلقوا عنه الأخبار والفقه ودونوها وقاموا بتبويبها ومن ذلك كتاب الآثار، لأبي يوسف وكتاب الآثار لمحمد بن الحسن. وإن كان أبو حنيفة لم يدون بنفسه شيئًا من محتويات هذه الكتب إلا أنها من فقهه وأخباره.
وقد كان لأبي حنيفة تلاميذ بلغ عدد من دون منهم مذهبه أربعين إمامًا، اشتهر من تلاميذه، منهم: أبو يوسف يعقوب بن إبراهيم الأنصاري الذي ولد بالكوفة سنة ١١٢ هـ وتوفي بها ١٨٣ هـ. محمد بن الحسن بن فرقد الشيباني الذي ولد بواسط سنة ١٣٢ هـ ونشأ بالكوفة وتوفي بها سنة ١٨٩ هـ، زفر بن الهذيل بن قيس الذي ولد بالبصرة سنة ١١٠ هـ، وتوفي بها سنة ١٥٨ هـ، فهو أسبق أصحاب أبي حنيفة موتًا. وهؤلاء الأصحاب الثلاثة لم يقفوا على ما أفتى به أستاذهم أبو حنيفة فقط، بل زادوا وخالفوه في بعض المسائل التي كان لهم فيها دليل قوي حسبوه أقوى من دليل أستاذهم.
وقد اشتهر المذهب الحنفي في الكوفة وبغداد ومصر والشام وتونس والجزائر واليمن والهند وفارس والصين وبخارى وسمرقند والأفغان والقوقاز والتركستان الشرقية والغربية.
نقلا عن : https://nuqayah.com/
Terjemahan:
Abu Hanifah (80 H - 150 H - 699 - 767 M). Dia adalah Nu'man bin Tsabit bin Zauti, putra Maah, seorang faqih ahli hadis pemilik madzhab. Ia lahir di Kufah pada masa kekhilafahan Abdul Malik bin Marwan (Khalifah Bani Umayyah) dan dibesarkan di sana serta menghabiskan sebagian besar hidupnya di sana. Ia meninggal di Baghdad. Abu Hanifah adalah orang yang cerdas, cerdik, cepat tanggap, kuat argumennya, bersikap baik, memiliki logika yang baik, dan penyayang kepada saudara-saudaranya. Ia juga seorang yang zuhud dan banyak beribadah. Abu Hanifah dianggap sebagai salah satu dari Tabi'in, di mana ia bertemu dengan beberapa Sahabat seperti Anas bin Malik, Abdullah bin Abi Aufa, Sahl bin Saad As-Sa'idi, dan Abu Tufail Amir bin Wailah - dan ia meriwayatkan banyak dari mereka. Abu Hanifah bekerja sebagai pedagang dengan kejujuran dan amanah, dan ia melanjutkan pekerjaan tersebut sepanjang hidupnya sehingga mendapatkan pengalaman dalam adat istiadat, transaksi, dan cara orang-orang dalam jual beli dan hutang-piutang. Oleh karena itu, ia memiliki pengalaman dan ketrampilan dalam hal tersebut. Ia diberi julukan "Al-Khazzaz" karena usahanya dalam perdagangan kain. Abu Hanifah mempelajari fiqh dari gurunya yang pertama, Hammad bin Abi Sulaiman, dan ia mengikutinya selama delapan belas tahun sampai Hammad berkata, "Engkau telah menguras ilmu dariku, wahai Abu Hanifah," sebagai ungkapan terima kasih atas ilmu yang ia dapat darinya. Abu Hanifah berpegang pada Al-Qur'an terlebih dahulu, jika tidak ditemukan di sana, maka ia mengambil dari hadis, jika tidak ada di Al-Qur'an dan hadis, ia kembali kepada pendapat sahabat atau ijma' (kesepakatan) dan jika tidak ada itu, maka qiyas (analogi) atau istihsan (penilaian yang baik) atau 'urf (kebiasaan). Abu Hanifah memiliki pendekatan dalam mencari hukum fiqih yang ditandai dengan kecermatan, kehati-hatian, dan menjauhi kesalahan. Jika ia mencari hukum fiqih, ia akan mengumpulkan para sahabatnya dan berkumpul dengan mereka, kemudian ia akan menyampaikan masalah tersebut kepada mereka, dan setiap orang akan menyampaikan pendapatnya. Jika mereka sepakat, ia akan mengikutinya, namun jika mereka berbeda pendapat, mereka akan berdiskusi dan masing-masing dari mereka akan memperkuat pendapatnya dengan dalil. Ketika mereka mencapai kesepakatan dalam masalah tersebut, ia akan menyuruh untuk menuliskan masalah tersebut dengan dalil-dalil yang mendukungnya.
Abu Hanifah melarang menulis masalah sebelum diperiksa dengan teliti. Ketika dia menjadi pemimpin majlis pengajian gurunya, Hammad, dia menetapkan syarat kepada teman-teman dan murid-muridnya bahwa sepuluh dari mereka harus duduk di majlis tersebut selama satu tahun. Mereka menyetujuinya dan memenuhi syaratnya, sehingga memastikan kelangsungan majlis tersebut dengan tetap mematuhi aturan yang ditetapkan untuk majlis ini. Di antara anggota majlis tersebut terdapat para ahli fiqih, qari, dan muhadditsin, selain pengetahuan mereka dalam fiqh Al-Qur'an dan Sunnah, juga pengetahuan mereka tentang adat dan kebiasaan orang-orang.
Majlis Abu Hanifah ditandai dengan kedalaman dalam penelitian masalah-masalah fiqih, perdebatan, banyaknya penggunaan dalil, dan pengungkapan argumen. Abu Hanifah menulis banyak karya dalam masalah-masalah fiqih, namun tidak ada satupun dari karya-karya ini yang sampai kepada kita. Sejarawan-sejarawan telah mencatat bahwa Abu Hanifah memiliki banyak buku, di antaranya Kitab Al-'Ilm wa At-Ta'lim (Buku Ilmu dan Pembelajaran), Kitab Ar-Radd 'ala Al-Qadariyyah (Buku Tanggapan terhadap al-Qadariyyah), dan Kitab Al-Fiqh Al-Akbar (Buku Fiqh yang Lebih Besar). Selain itu, telah dikonfirmasi bahwa Abu Hanifah secara khusus menyusun 215 hadits, kecuali beberapa hadits yang juga diriwayatkan oleh para imam yang lain. Dia juga memiliki kitab musnad di mana dia meriwayatkan 118 hadits, semuanya dalam bab tentang shalat. Koleksi hadits yang dikeluarkan oleh Abu Hanifah dikumpulkan oleh Abu al-Mu'ayyid Muhammad bin Mahmud al-Khwarazmi (wafat 665 H). Kumpulan ini mencakup 800 halaman besar dan telah dicetak di Mesir pada tahun 1326 H.
Banyak dari para ulama berpendapat bahwa murid-murid Abu Hanifah menerima berita dan ilmu fiqih darinya, kemudian mereka menulis dan mengorganisasikannya, seperti Kitab Al-Athar oleh Abu Yusuf dan Kitab Al-Athar oleh Muhammad bin al-Hasan. Meskipun Abu Hanifah sendiri tidak menulis isi dari buku-buku ini, namun isi tersebut berasal dari pemahamannya dan berita yang dia sampaikan.
Abu Hanifah memiliki banyak murid, di antaranya ada empat puluh imam yang menulis dari pemahamannya. Beberapa muridnya yang terkenal adalah Abu Yusuf Ya'qub bin Ibrahim al-Ansari, yang lahir di Kufah pada tahun 112 H dan meninggal di sana pada tahun 183 H. Muhammad bin al-Hasan bin Furqad al-Shaibani, yang lahir di Wasit pada tahun 132 H dan meninggal di Kufah pada tahun 189 H. Zufar bin al-Hudhail bin Qais, yang lahir di Basrah pada tahun 110 H dan meninggal di sana pada tahun 158 H. Dia adalah salah satu dari teman-teman Abu Hanifah yang meninggal lebih dulu. Ketiga murid ini tidak hanya mengikuti fatwa dari guru mereka, Abu Hanifah, tetapi mereka juga menambahkan dan bertentangan dengannya dalam beberapa masalah yang mereka anggap memiliki dalil yang kuat yang mereka anggap lebih kuat daripada dalil guru mereka.
Mazhab Hanafi terkenal di Kufah, Baghdad, Mesir, Syam, Tunisia, Aljazair, Yaman, India, Persia, Tiongkok, Bukhara, Samarkand, Afghanistan, Kaukasus, dan Timur dan Barat Turkistan.
Dikutip dari
https://nuqayah.com/
Komentar
Posting Komentar
Terima Kasih